Cara Membersihkan Peralatan Restauran

5 Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Masak Restauran

Menjaga kebersihan peralatan masak merupakan bagian penting dari kesukesan bisnis restauran Anda. Ini dikarenakan peralatan masak restauran yang selalu dibersihkan dengan baik biasanya akan jauh lebih awet hingga bertahun-tahun lamanya. Selain itu, peralatan masak yang terawat juga dapat meningkatkan kualitas masakan Anda dan menghasilkan rasa yang lebih konsisten. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memastikan bahwa peralatan masak restauran Anda selalu bersih dan terawat dengan baik.

  1. Didihkan air panas pada deep fryer.

Jika dapur restauran Anda memiliki deep fryer, pastikan Anda melakukan permbersihan menyeluruh secara berkala dengan merebus larutan detergen hingga mendidih. Untuk melakukan proses pembersihan ini, pertama-tama Anda perlu mengosongkan minyak dari deep fryer dan singkirkan sebanyak mungkin kotoran yang menumpuk dari bagian dalamnya. Kemudian, isi detergen yang sudah dicampurkan dengan air, lalu rebus sampai mendidih untuk menghilangkan tumpukan kotoran yang masih tersisa. Setelah selesai, angkat laruran detergen kemudian gosok bagian dalamnya sampai benar-benar bersih kembali dan siap diisi oleh minyak baru.

Lakukan teknik pembersihan ini setidaknya setiap tiga bulan sekali untuk menjaga deep fryer Anda tetap awet dan menghasilkan masakan dengan rasa yang lebih baik. Namun jika restoran Anda sering menerima pesanan dalam volume yang tinggi, Anda mungkin perlu melakukannya lebih sering untuk mengurangi penumpukan kotoran yang berlebihan.

  1. Periksa filter cooker hood setiap minggu.

Cooker hood berfungsi untuk menyedot bau, udara kotor, dan panas yang dihasilkan dari proses memasak. Itu sebabnya, seiring berjalannya waktu tumpukan kotoran dan minyak akan mudah mengendap pada filter cooker hood di dapur komersial Anda. Jika filter terlalu penuh, maka tumpukan kotoran dapat menghalangi udara yang disedot, sehingga hasilnya dapur Anda akan jadi lebih mudah berasap, bau, panas, dan tidak nyaman. Karena itu, periksa filter cooker hood setiap minggu, dan ganti dengan yang baru apabila sudah terlalu banyak kotoran yang menumpuk.

Baca Juga: 6 Panduan Profesional Merawat Peralatan Restauran Agar Tetap Berkualitas

  1. Cek kebocoran gas secara berkala.

Selain menjaga kebersihan, penting juga untuk memastikan dapur restauran Anda selalu aman dan terbebas dari kebocoran gas. Untuk melakukan pengecekan ini, ada sebuah tes mudah yang bisa Anda coba sendiri. Pertama-tama, isi botol spray dengan air sabun hingga penuh, kemudian semprotkan pada saluran dan tabung gas di dapur Anda. Jika terbentuk gelembung-gelembung sabun dari hasil semprotan tersebut, artinya ada kemungkinan terjadi kebocoran gas, sehingga Anda perlu memanggil layanan darurat. Lakukan tes ini setiap beberapa minggu sekali untuk memastikan dapur restauran Anda tetap aman.

  1. Pastikan lemari pendingin bekerja dengan baik.

Untuk memastikan lemari pendingin bekerja dengan baik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa gasket atau karet pada pintunya. Apabila terdapat retakan pada komponen tersebut, hal ini dapat menyebabkan udara panas dari luar masuk ke dalam unit pendingin karena pintu tidak dapat tertutup rapat secara sempurna, sehingga Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Selain itu, komponen lainnya yang perlu Anda periksa adalah filter dan koil evaporator. Ganti filter saat sudah kotor dan bersihkan koil evaporator secara teratur agar unit pendingin Anda selalu berada dalam kondisi terbaiknya.

  1. Bersihkan seluruh area memasak.

Membiarkan kotoran yang menumpuk dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan dapur restauran Anda. Itu sebabnya, area memasak harus selalu bersih serta terbebas dari tumpukan debu dan minyak. Beberapa bagian yang perlu dibersihkan di antaranya termasuk burner, kompor, dan komponen lainnya yang dapat dilepas-pasang. Cuci bersih komponen-komponen tersebut dengan air sabun setiap hari. Selain itu, area lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dibersihkan adalah lemari penyimpanan, lantai dapur, wastafel, serta area dapur lainnya yang sering dilalui banyak orang. Selain lebih enak dipandang, dapur restauran yang selalu bersih dan terawat juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan menghasilkan masakan yang lebih berkualitas.

Itulah dia beberapa tips menjaga kebersihan peralatan masak pada dapur restauran Anda. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada peralatan dapur dan meningkatkan rasa makanan yang Anda buat. Pada akhirnya, semua manfaat tersebut dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dan meningkatkan kesuksesan bisnis restauran Anda secara signifikan.

Summary
5 Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Masak Restauran
Article Name
5 Tips Menjaga Kebersihan Peralatan Masak Restauran
Description
Beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memastikan bahwa peralatan masak restauran Anda selalu bersih dan terawat dengan baik.
Author