Cara Merawat Freezer Agar Tidak Rusak

Cara Membersihkan dan Merawat Freezer Agar Tidak Mudah Rusak

Freezer yang kotor dan berantakan dapat mendatangkan masalah besar. Selain membuat bakteri jadi lebih mudah berkembang biak, membiarkan freezer tanpa perawatan rutin akan memperpendek masa pakainya serta menyebabkannya jadi lebih banyak mengkonsumsi listrik. Oleh sebab itu, demi mencegah kerusakan dan membuat kinerja freezer tetap optimal dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya jika Anda mempelajari cara membersihkan dan merawat freezer dengan baik dan benar.

Chest Freezer BD-750

Cara Membersihkan Freezer

  1. Matikan freezer dan cuci komponen yang dapat dilepas.

Langkah pertama sebelum mulai membersihkan freezer, Anda perlu mematikannya terlebih dahulu dengan mencabut kabel freezer dari stop kontak. Letakkan handuk atau koran bekas pada bagian bawah freezer untuk menampung air yang mungkin menetes. Keluarkan semua rak, laci, dan komponen lain yang dapat dilepas. Sambil membiarkan bagian dalam freezer mencair, Anda bisa mencuci seluruh komponen tersebut dengan sabun, kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.

  1. Keluarkan seluruh makanan dari dalam freezer.

Jika Anda menyimpan banyak makanan di dalam freezer, ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk menyingkirkan makanan yang sudah kadaluarsa atau tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Jika Anda menemukan kristal es di dalam wadah makanan, ini merupakan indikasi bahwa makanan tersebut sudah terlalu lama disimpan di dalam freezer atau adanya kemungkinan kontaminasi bakteri, sehingga Anda mungkin perlu membuangnya.

  1. Bersihkan bagian dalam freezer.

Jika bagian dalam freezer sudah mencair, Anda bisa mulai membersihkannya menggunakan lap yang dibasahi dengan sabun dan air panas. Gosok seluruh permukaan freezer, terutama bagian pintu dan rak yang tidak bisa dilepas. Kemudian bilas kembali menggunakan lap yang dibasahi air bersih untuk menghilangkan bekas sabun yang menempel. Jika sudah selesai, langkah terakhir adalah mengeringkan seluruh bagian dalam freezer menggunakan lap kering. Selain itu, freezer Anda juga biasanya disertai dengan saluran pembuangan atau tabung drainase yang perlu dicabut dan dikeluarkan airnya.

  1. Nyalakan freezer dan isi ulang kembali dengan makanan.

Jika sudah selesai dibersihkan, nyalakan kembali freezer dan tunggu suhunya sampai mencapai 0° F. Setelah itu, isi ulang freezer Anda dengan makanan yang tadi sempat dikeluarkan. Pada tahap ini, freezer Anda sudah selesai dibersihkan dan siap beroperasi kembali seperti sedia kala.

Baca Juga: Perbedaan Antara Freezer dan Chiller yang Perlu Anda Tahu

Jual Mesin Pendingin Chest Freezer BD-350 Kualitas Terbaik

Cara Merawat Freezer

  1. Periksa panduan manual untuk unit freezer Anda.

Freezer tersedia dalam beragam jenis yang berbeda. Unit freezer milik Anda mungkin memiliki intruksi perawatan khusus, sehingga Anda perlu memeriksa buku panduan manual untuk memahami cara kerjanya.

  1. Tempatkan freezer pada area bersuhu stabil.

Perubahan suhu yang ekstrim pada bagian luar freezer dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Karenanya, pastikan Anda menempatkan freezer pada area yang memiliki suhu stabil. Selain itu, perlu diingat bahwa koil kondensor freezer Anda memancarkan panas, jadi berikan ruang yang cukup untuk memungkinkan aliran udara bersirkulasi dengan baik di antara freezer dan dinding.

  1. Cek suhu freezer secara berkala.

Beberapa freezer biasanya sudah dilengkapi dengan termostat bawaan, yaitu alat untuk mengecek suhu. Namun jika freezer Anda tidak memiliki termostat, Anda bisa menggunakan termometer untuk melakukan pengecekan suhunya secara berkala. Suhu freezer yang ideal harus berada pada titik 0° F, jadi jika Anda menemukan fluktuasi suhu dengan sendirinya, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan pada mesin pendingin freezer.

  1. Bersihkan bagian dalam freezer secara rutin.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan freezer secara rutin dengan mengikuti tahapan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Melakukan langkah ini berfungsi untuk mencegah bau, membasmi penumpukan bakteri dan kotoran, serta menjaga kinerja freezer Anda agar tetap optimal.

  1. Usahakan supaya isi freezer selalu penuh.

Demi performa yang lebih baik, usahakan untuk selalu mengisi freezer Anda dengan makanan, paling tidak hingga memenuhi setengah kapasitasnya. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan suhu dan menjaga konsumsi energi freezer Anda agar tetap rendah, terutama jika Anda sering membuka dan menutup pintunya.

Demi menjaga makanan tetap segar dan dingin sepanjang hari, mesin freezer Anda harus bekerja ekstra keras setiap harinya. Oleh karena itu, membersihkan dan melakuka perawatan preventif secara teratur dapat membantu menjaganya tetap awet, memperpanjang masa pakai, serta meningkatkan efisiensi serta kinerja freezer Anda.

Summary
Cara Membersihkan dan Merawat Freezer Agar Tidak Mudah Rusak
Article Name
Cara Membersihkan dan Merawat Freezer Agar Tidak Mudah Rusak
Description
Beberapa cara membersihkan dan merawat freezer dengan baik dan benar.
Author