Tips Merawat Alat Dapur Agar Tahan Lama

Saat ini dapur adalah tempat masak yang wajib bersih dari kuman, faktanya banyak orang saat ini lebih memilih peralatan masak yang modern, kalau lata memasak bisa tahan lama, kan lumayan ada pengiritan. Alat masak yang tahan lama itu panci, teplon, dan lain-lain, paling gak ada tiga bahan material yang biasa digunakan pada peralatan dapur, yaitu plastik, besi dan kayu. Karena memiliki tekstur dan daya serap yang berbeda-beda pula cara merawat ketiga perabotan dapur tersebut.

Berikut ini cara merawat peralatan dapur yang bisa kamu lakukan:

 

  1. Material Plastik

Biasakn mencuci peralatan plastik dengan air bersih ditambahkan gunakan sabun cuci piring, setelah itu keringkan dengan lap bersih. Apabila masih tercium aroma makanan, kamu bisa menghilangkan bau dengan jeruk nipis. Sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru mateng karena beresiko pemicu kanker.

  1. Material Besi

Karena digunakan untuk memasak diatas kompor, maka bahan besi ini akan berwarna hitam bagian bawahnya. Untuk membersihkannya kamu bisa gunakan jeruk nipis + baking soda, atau gulaa campur jeruk nipis akan mengurangi warna hitam pada bawah jawan.

Untuk cara yang lebih efektif, kamu bisa pakai pembersih cuci piring serat kawat. Pembersih ini sangat ampuh menghilangkan warna hitam diwajan, tapi memiliki efek buruk wajan akan menjadi terkelupas terkikis.

  1. Material Kayu

Sebgaimana sifat dapur yang mudah lembap, maka perabotan-perabotan berbahan kayu rentan terkena jamur. Oleh karena itu, bersihkan seluruh permukaannya dengan sabun cuci piring dan bilas dengan air kemudian jangan dilap kalau bisa diamkan hingga kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin.

Alat masak kayu untuk menggoreng atau mengaduk makanan di wajan teflon. Sendok, sodet dan spatula memang berbahan kayu. Cara membersihkan sisa noda makanan membandel yang nempel pada alat masak kamu bisa menggunakan bahan-bahan pembersih berikut ini :

Garam

Membersihkan alat masak dengan garam tak memakan waktu. Cukup dengan cara mencampurkan garam kebaking soda lalu berikan air panas. Rendam alat-lata masak dari kayu yang mau dibersihkan selama 10 menit. Setelah itu, keringkan alat masakmu dengan cara dijemur dibawah kipas atau diamkan saja hingga kering.

Cuka

Selain garam, cuka pun bisa kamu gunakan cukup ampuh. Masukan cuka dan satu sendok beking soda kedalam mangkuk. Aduk rata sampai tercampur setelah itu, celupkan kain lap untuk membersihkan noda sisaan bau makanan pada alat masak yang terbuat dari kayu.

Lemon

Lemon sangat ampuh untuk membersihkan peralatan masakmu. Caranya mudah, pertama kamu harus potong lemon dan peras dahulu. Kemudian, masak air lemon hingga air panas, lalu masukan alat masak dari kayu yang ingin kamun bersihkan. Selanjutnya rendamlah peralatan selama 20 menit. Setalahnya, bersihkan alat masak kayumu dan jemur hingga kering.

Menghilangkan Bau Amis

Alat masak yang berbahan kayu dan bahan logam atau besi lainnya. untuk menghilangkan bau amis tersebut, ada kiat-kiat khusus yang bisa kamu praktekan dengan mudah:

Rebus air hingga mendidih. Masukan 2 sendok makan garam, lalu masukkan alat yang berbau amis ke dalam rebusan air tersebut. Diamkan beberapa menit. Angkat kemudian cuci dengan sabun cuci hingga bersih. Dengan cara ini, bau amis akan hilang.

Bila bau masih saja tercium, masukkan perasan jeruk lemon kedalam rebusan air tadi. Lalu, rendam kembali alat masak tersebut. Rebus hingga 20 menit, setelah itu kamu bisa membilas dan mencuci alat masak dengan sabun cuci piring hingga bersih lalu lap dengan hingga kering.

Memahami bagaimana cara merawat alat masak agar awet hingga bertahun-tahun atau kita bisa beli baru alat masak. Kalau alat masak anda seperti mesin pendingin rusak Anda bawa ketukang service terdekat dan jangan sekali-kali benerin peralatan masak Anda sendiri bukan menjadi benar akan terjadi kerusakan permanen.